Senin, 12 Agustus 2013

Tips Menulis Artikel di Blog

Jika anda ingin membuat blog, langkah terbaik adalah membuat blog anda sebagai blog niche atau sebuah blog yang sangat terfokus pada suatu topik. Dengan kata lain, semua isi yang diterbitkan pada blog niche secara langsung berkaitan dengan topik tertentu yang telah dipilih. Blog niche adalah cara para blogger untuk menarik pembaca, membangun kredibilitas di antara para blogger serta tentunya untuk mendapatkan penghasilan.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memulai blog niche Anda sendiri.

1. Pilih topik yang Anda sukai.
Sebagai seorang blogger, sebaiknya anda harus menulis tentang topik yang khusus. Hal ini berarti Anda harus memiliki gairah dan pemahaman terhadap topik yang anda buat tersebut. Meskipun tetap dimungkinkan untuk sesekali membuat topik yang lebih luas, para pembaca setia anda akan datang ke blog Anda untuk membaca niche tertentu yang sudah Anda pilih di awal tadi. Harap di ingat, bahwa untuk menjadi sukses, seorang blogger harus memberikan apa yang para pembaca cari. Menyimpang terlalu jauh dari niche atau topik hanya akan membuat pembaca anda mencari tempat lain yang bisa memenuhi kebutuhan mereka.

2. Pilih topik yang paling Anda kuasai dan terus memperdalamnya.
Blogger harus tahu banyak tentang topik atau niche yang mereka pilih agar bisa sukses dan tidak kehabisan bahan untuk artikel. Di dunia yang cepat berubah ini, isu aktual atas suatu topik atau niche mungkin saja juga turut berubah. Itu sebab, selain memiliki pengetahuan yang mencukupi, seorang blogger juga harus bisa menikmati dan bersedia mempelajari lebih dalam pengetahuannya.

3. Pilih topik yang sempit dan tetap fokus.
Anda harus fokus. Itu berarti Anda harus memilih topik khusus dan tetap berpegang pada itu, sehingga dapat memposisikan blog Anda sebagai blog niche yang sesungguhnya. Sebagai contoh, alih-alih blogging tentang topik yang luas seperti motor, Anda bisa memilih topik niche seperti mobil Motor Yamaha.

4. Pilih topik yang tahan lama.
Jika ingin membuat blog yang sukses dalam jangka panjang, Anda tentunya jangan memilih topik yang sedang ‘hot’ hari ini tetapi kemudian tiba-tiba menghilang esok lusanya. Misalnya, memilih menulis blog niche tentang acara televisi spesifik yang sekilas masuk akal dan menjadi trending topik. Namun, apa yang terjadi jika acara yang anda jadikan blog tersebut tiba-tiba berhenti tayang? Kemungkinan besar, pembaca lama-kelamaan akan berkurang dan akhirnya blog anda pun menjadi mati. Jadi pastikan memilih niche yang tahan lama.

5. Melakukan penelitian kata kunci dan memilih ‘long tail keyword’.
‘Long tail search engine optimization’ berhubungan dengan menggunakan kata kunci yang sangat spesifik untuk mendapatkan pembaca yang tertarget. Anda akan cukup sulit bersaing dengan blog-blog besar dan situs web dengan modal besar. Kesulitan ini akan meliputi kuantitas posting serta upaya optimasi mesin pencari. Sebagai contoh, anda akan cukup sulit bersaing dengan situs besar untuk kata kunci (keyword) umum seperti ‘Bisnis’. Namun, jika Anda memilih frase kata kunci yang sangat bertarget dan erat kaitannya dengan konten niche blog Anda, seperti ‘bisnis online’, maka persaingan akan lebih sedikit dan Anda bisa menarik pengunjung yang lebih tertarget. Itu sebab, luangkan waktu anda untuk melakukan penelitian kata kunci dan mengoptimalkan konten pada blog Anda sesuai kata kunci yang Anda pilih.

Semoga tips ini menjadi inspirasi bagi anda untuk mulai menulis blog. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar