Senin, 15 Juli 2013

Hidup Layak Sebagai Penulis Freelance

Jika anda senang menulis artikel, anda dapat menjadikan hobi ini sebagai sebuah bisnis rumahan. Anda bisa bekerja di rumah tanpa harus pergi kerja ke kantor dan bermacet-macet ria di jalan. Tapi tidak ada jalan pintas untuk menjadi penulis online.

Saya telah mengunjungi banyak forum, dan pertanyaan utama yang saya banyak baca dari para penulis artikel baru adalah bagaimana mereka bisa membuat uang dengan menulis artikel online? Banyak anggota forum akan membalas dengan saran seperti menggunakan portal freelance online untuk mendarat klien mereka. Tampaknya ini adalah satu-satunya cara orang berpikir mereka dapat membuat uang dengan menulis online.

Namun, ini bukan satu-satunya cara. Ada cara lain di internet, yang dapat membantu anda untuk mendapatkan klien yang mau membayar lebih besar dibandingkan di portal freelance.
Mengapa Portal Freelance bukan pilihan terbaik?

Saya menentang para pengguna portal freelance sebagai sarana untuk mendapatkan artikel hanya karena satu alasan saja, yaitu tingka bayaran yang rendah. Kebanyakan penulis artikel di portal freelance dibayar maksimum $ 2 per 500 kata! Bahkan pada sebuah portal freelance ada yang membayar Anda $ 1 per 500 kata.

Tentunya ini adalah perbudakan, namun banyak para penulis terjebak dalam outsourcing website freelance ini karena mereka merasa tidak bisa menemukan cara lain bagaimana mencari klien. Anda akan terkejut setelah mengetahui ada cara lain untuk menemukan client yang mau membayar artikel anda dengan harga yang lebih tinggi. Hal lain yang membuat sulit para penulis baru untuk memulai dengan portal freelance adalah mekanisme kerja di sana.

Para penulis diminta untuk menawarkan harga agar dapat dipertimbangkan para client untuk dapat menjual artikelnya. Biasanya para client di portal free lance hanya melihat harga tawaran para penulis dan kemudian baru memilih artikel yang sesuai dengan situs mereka. Ini berarti bahwa banyak penulis artikel yang bersaing untuk mendapatkan seorang klien. Hal ini akan membuat upah penulis menjadi turun, karena para penulis akan menawarkan biaya terendah untuk mendapatkan kesempatan lebih besar untuk bisa dipilih yang akhirnya akan menurunkan kualitas penulisan artikel.

Orang yang bersedia bekerja untuk satu dolar akan terburu-buru menyelesaikan artikelnya dan sebagai hasilnya, kualitas artikel akan menjadi miskin. Tidak heran internet penuh dengan konten gramatikal dan tingkat kreativitas yang rendah . Akhirnya para klien akan sulit menemukan sebuah artikel yang original dan berkualitas, karena mereka tahu, Jika dalam situs yang mereka miliki terdapat artikel yang tidak original / asli dan berkualitas rendah, dan hal ini akan menyebabkan kualitas konten di situs Web nya pembeli akan turun, dan akhirnya ranking situs mereka pun menjadi turun.

Saat ini internet hanya menjadi halaman untuk tempat sampah besar, tempat kotoran dan informasi yang tidak berharga, dan kita sebagai penulis harus mengakhiri ini. Pertama dengan menuntut biaya yang layak sesuai dengan usaha dan waktu yang kita investasikan untuk menulis. Jika para penulis mendapat imbalan yang layak, maka para penulis akan berinvestasi lebih banyak usaha dan waktu untuk menyelesaikan tiap artikel yang mereka buat dan pada gilirannya akan meningkatkan kualitas artikel di internet.  

Dimana saya bisa mendapatkan Klien dengan bayaran yang tinggi?

Di bawah ini adalah metode yang para penulis profesional gunakan untuk mendapatkan klien yang mau membayar tinggi per artikel yang mereka buat. Beberapa dari mereka bahkan ada yang mendapatkan klien yang berani membayar $ 50 per 500 kata. Saya tidak mengatakan bahwa $ 50 dolar adalah harga terbaik di pasaran, karena saya mempunyai beberapa teman yang membuat $ 100 per artikel, tapi itu lebih baik daripada $ 1 atau $ 5 per artikel.

Berikut adalah apa yang harus anda lakukan untuk mendapatkan pertama anda yang membayar tinggi anda :
1. Melakukan pencarian di mesin pencari favorit Anda (seperti google atau yahoo) dengan keyword seperti 'Perusahaan SEO' (SEO Company). Ini adalah perusahaan yang mencari para penulis. Anda dapat melampirkan lokasi dengan string pencarian Anda untuk membawa hasil geo-lokasi tertentu.
2. Mengumpulkan informasi kontak untuk perusahaan-perusahaan dan memasukkan mereka dalam file excel anda.
3. Selanjutnya siapkan surat lamaran ditulis dengan sangat baik. Jika Anda tidak tahu bagaimana untuk menyiapkan surat lamaran itu, ada banyak template di web yang dapat Anda gunakan.
4. Siapkan resume yang baik untuk menyertai surat lamaran.
5. Kirim lamaran itu ke tiap kontak yang telah anda kumpulkan. Dalam email Anda, jelaskan layanan yang Anda akan tawarkan kepada perusahaan dan mengapa mereka ingin mempekerjakan Anda secara singkat. Jangan lupa untuk melampirkan surat lamaran dan resume.
6. Berikutnya melakukan pencarian lain yang menggunakan string pencarian yang berbeda seperti 'perusahaan copywriter' (copywriter company) kemudian ikuti proses yang sama seperti sebelumnya.  

Asumsi

Misalkan Anda mengirim 100 email dengan cara ini, dan dengan asumsi 10% atau sekitar 10 klien saja yang merespon, (yang tertarik untuk mempekerjakan Anda tentunya tergantung pada kualitas pekerjaan yang Anda tunjukan kepada mereka) dan tiap klien bersedia membayar Anda minimal $ 20 per artikel dan anda sanggup untuk membuat 10 artikel per hari, maka Anda melihat membuat minimal $ 200 per hari. Jumlah yang menarik bukan?

Tapi Anda harus secara konsisten menjaga kualitas hasil artikel anda, dan jika anda tidak bisa mempertahankan kualitas artikel yang anda buat, sebaiknya Anda akan segera keluar dari pekerjaan menulis artikel ini.

1 komentar: