Senin, 08 Juli 2013

Bisnis Warung Kopi

Banyak orang yang tidak bisa dipisahkan dari kopi, seolah-olah telah menjadi kebutuhan pokok bagi mereka. Bagi seorang pecinta kopi, rasanya kurang lengkap jika sebelum berangkat kerja belum menikmati secangkir kopi. Kopi bisa menjadi penambah semangat bagi kebanyakna pecinta kopi.

Kebiasaan ini mampu melahirkan sebuah peluang bisnis yang menarik dengan keuntungan yang tentunya sangat menjanjikan, terlebih bila tempat tinggal kita adalah lingkungan yang konsumtif, dimana para warganya gemar nongkrong di warung kopi. Kita bisa melihat besarnya animo masyarakat terhadap aneka jenis minuman kopi, hal itu terlihat dari bisnis warung kopi tak pernah sepi dari pelanggan, meski berada harus bersaing dengan coffeshop yang belakangan ini mulai bermunculan.
Sebenarnya, setiap orang dapat menjalankan bisnis warung kopi ini dan bisa dikembangkan dengan berbagai variasi, mulai dari warung kopi untuk semua golongan, café dengan berbagai fasilitas buku bacaan atau cafe book sampai cafe elite, dengan pengunjung golongan masyarakat tertentu saja.

Jika anda berada di lingkungan yang warganya senang nongkrong, maka pilihan membuka usaha kedai kopi bisa menjadi pilihan. Atau jika anda melihat suatu daerah yang banyak warganya gemar nongkrong, anda dapat membuka warung tenda ataupun menyewa Rumah yang dapat digunakan sebagai Kedai Kopi. Tapi hal itu tergantung kepada segmentasi pasar yang anda bidik. Pada kategori itu, modal awal usaha yang kecil-kecilan dibutuhkan sekitar Rp 4.000.000,00 hingga Rp 5.000.000,00. Adapun modal awal usaha yang berkala sedang kira-kira Rp 10.000.000,00 sampai Rp 15.000.000,00.

Bila anda mempunyai tempat permanent seperti rumah atau ruko, akan lebih menarik jika warung kopi tersebut dilengkapi dengan wifi atau hotspot area, televisi untuk menonton pertandingan bola, serta tempat yang luas dan nyaman. Bahkan, lebih bagus lagi bila warung kopi Anda menydiakan televisi berukuran besar dengan beragam saluran. Biasanya, jika kondisinya seperti itu, banyak orang kan tertarik untuk dating ke awarung kopi Anda sambil menonton pertandingan sepak bola ataupun olahraga lainnya.

Selain itu, konsep warung kopi yang unik dan konsep menu yang bervariasi juga sangatlah penting untuk Anda perhatikan. Sekarang, apakah anda tertarik untuk membuka bisnis warung kopi? Tentunya keputusan ada di tangan anda. Kami berharap semoga tulisan tentang peluang bisnis usaha warung kopi ini dapat bermanfaat, dan dapat dijadikan referensi bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar