Selasa, 25 Juni 2013

Dana Pinjaman Usaha Abadi

Mulanya sekedar iseng, coba-coba tuk ngumpulin sumbangan untuk orang-orang yang memerlukan. Tapi, namanya dana sumbangan, biasanya langsung habis. Kemudian kami coba berfikir bagaimana caranya agar dana sumbangan bisa berkembang.

Jadi kami punya ide, agar dana yang sumbangan ini tidak lagi semata-mata sekedar sumbangan akan tetapi lebih bersifat pinjaman dengan syarat orang yang meminjam, suatu saat jika sudah mampu, harus mengembalikan dana yang dipinjam harus ditambahi dengan sumbangan dari orang yang meminjam. Selain itu, dana ini hanya boleh dipinjam untuk keperluan yang menghasilkan, seperti usaha, atau modal awal bekerja (seperti untuk transportasi dari rumah ke tempat kerja, untuk kost) atau yang sejenisnya.

Dengan kata lain, tujuan sumbangan/pinjaman ini adalah memberikan pancing, bukan memberikan ikan.


Adapun sumbangan yang diminta adalah tidak bersifat mutlak, dalam kata lain, serelanya orang itu mau menyumbang berapa. Misalnya, dia pinjam Rp 500.000,- dengan janji akan dicicil selama 10 bulan. Maka dalam setiap bulannya orang itu menyicil Rp 50.000,- ditambah dengan kerelaan dia menyumbang, entah Rp 1,000 atau Rp 10,000 atau berapapun tergantung kerelaan peminjam. Tidak ada paksaan.

Dan kalaupun peminjam akhirnya tidak bisa mengembalikan, bagi kami tidak masalah, karena kami sudah menganggap dana itu adalah dana sumbangan, dalam artian kami sudah tidak mengharapkan dana tersebut kembali.

Akan tetapi, di zaman seperti sekarang, orang sudah sulit dipercaya, kadang sebenarnya dia mampu, akan tetapi dia pura-pura tidak mampu sehingga tidak perlu membayar. Oleh karena itu, untuk antisipasi, kami hanya memberikan kepada orang yang betul-betul kami kenal. Sehingga kalaupun peminjam tidak bayar karena berpura-pura tidak mampu bayar, maka secara moral dia akan merasa bersalah kepada kami dan para donatur kami.

Satu hal lagi, kami bukanlah badan resmi berupa Yayasan, LSM, atau apapun. Kami hanya kumpulan para individu yang mempunyai ide gila untuk mencoba menolong sesama.

Dan jika anda membaca blog ini dan ingin ikut menyumbang, silahkan kontak kami melalui email. Jika anda khawatir dana sumbangan anda kami gunakan tidak disumbangkan sebagaimana mestinya, kami hanya bisa menyakinkan anda bahwa kami telah bersumpah "Demi Tuhan, dana yang anda sumbangkan adalah untuk membantu orang yang betul-betul memerlukan bantuan"

Semoga ide ini bermanfaat dan bisa menciptakan dana abadi yang bisa berkembang sehingga dapat menolong orang lebih banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar