Senin, 24 Juni 2013

Konsep Berbisnis

Banyak orang yang ingin memulai bisnis akan tetapi jarang orang yang tahu bagaimana konsep usaha untuk menjalankan bisnis tersebut. Sebetulnya, konsep untuk memulai bisnis, adalah bukan hal yang sulit. Yang anda perlukan adalah tekad dan disiplin yang kuat untuk dapat memulai bisnis. Selain itu, hal-hal yang harus anda perhatikan adalah :  

1. Peluang

Peluang usaha bisnis memang banyak sekali macamnya, dan dalam hal ini anda harus bisa membaca situasi dan kondisi yang ada. Mulai dari lingkungan anda sendiri.
Misalnya anda melihat bahwa di daerah anda tidak ada ataupun jauh dari toko kelontong, maka hal ini adalah suatu peluang untuk memulai usaha toko kelontong di rumah anda. Contoh lainnya, misalnya di lingkungan anda adalah para perokok, dan biasanya mereka menginginkan tetap sehat tetapi tanpa berhenti merokok. Jika anda berada dalam lingkungan seperti itu, maka anda dapat menawarkan beberapa produk herbal yang dapat mengurangi efek samping dari rokok. Dan jika anda perokok juga, maka akan lebih baik jika anda pernah merasakan manfaat dari produk herbal yang akan anda tawarkan tersebut.  

2. Informasi

Setelah anda mendapatkan peluang, tugas berikutnya adalah anda mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai usaha yang akan anda jalankan dan juga mengumpulkan informasi dari para calon pelanggan anda. Misalnya, untuk usaha produk herbal seperti contoh di atas, anda harus mengetahui terlebih dahulu apakah para perokok itu sudah mengkonsumsi obat / produk herbal untuk mengurangi efek dari merokok itu. Bahkan jika ternyata ada yang sudah mengkonsumsi obat / produk herbal dan hasilnya bagi perokok itu sangat baik, mungkin anda bisa menjadikan produk herbal tersebut sebagai referensi anda. Dan jika informasi mengenai para calon pelanggan anda sudah anda dapatkan, maka selanjutnya adalah mencari informasi mengenai produk yang akan anda pasarkan. Banyak sekali sumber yang dapat memberi anda informasi, salah satunya yaitu melalui internet. Yang anda harus lakukan adalah dengan mesin pencari seperti google dengan memasukan kata kunci yang anda inginkan, misalnya “obat herbal untuk perokok” dan lainnya. Informasi usaha kecil memang sangat diperlukan bila anda ingin melakuakn usaha. tentu saja anda tidak usah ragu akan apa yang akan anda lakukan karena banyak sekali sumbe yang bisa membantu anda. salah satunya adalah internet. di dunia maya, anda akan banhyak sekali menemui infomasi yang bisa dijadikan panduan agar bisnis anda bisa sukses.  

3. Pendanaan

Setiap usaha memerlukan dana untuk mulai. Harap di ingat, bisnis terbaik adalah dari dana yang kita punyai sendiri, dalam artian, tidak menggunakan modal pinjaman yang berbunga. Anda dapat meminjam ke teman yang tentunya tidak akan meminta bunga, tetapi akan lebih baik, jika tidak sangat terpaksa, jangan pernah menggunakan dana pinjaman untuk memulai bisnis. Beberapa sumber dana yang anda bisa dapatkan untuk memulai usaha anda kami bahas di Konsep Usaha "Mencari Dana"  

4. Management Usaha

Management usaha yang bagus tentu saja sangat penting. Yang dimaksud adalah semua sisi usaha anda harus ditata dengan baik. Contoh, anda harus bisa mengatur / memenej jadwal pembelian, pengiriman barang ke pembeli, pengembalian utang secara tepat waktu. Dibutuhkan disiplin untuk dapat memenej usaha. Jangan pernah mengangap enteng suatu masalah dalam bisnis anda, ingat, hal yang anda anggap enteng, mungkin suatu saat akan menjadi hal serius yang dapat merusak usaha anda.

5. Motivasi

Yang terakhir dan yang paling utama adalah anda harus selalu memotivasi diri anda. Baca kisah orang-orang sukses agar selalu menjadi motivasi dan mungkin bisa menginspirasi anda untuk sukses. Kisah orang-orang sukses dapat anda baca di blog ini, di catagory Motivasi

Demikanlah Konsep Usaha Bisnis yang sebaiknya anda tahu. tentu saja ada banyak hal yang bisa anda lakukan agar bisa membuat bisnis anda menjadi sebuah bisnis yang dapat memberikan tambahan penghasilan, yang bahkan mungkin menjadi penghasilan pokok anda.

Dan jika suatu saat anda sukses, atau ingin sukses, jangan pernah lupa untuk beramal, karena dengan beramal, kekayaan anda tidak akan berkurang, malah akan bertambah. Jika anda bingung anda hendak beramal kemana, kami siap menampung. Silahkan kunjungi halaman Dana Sumbangan Abadi untuk penjelasan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar