Senin, 01 Juli 2013

Bisnis Kantong Pelastik Dan Kemasan

Geliat usaha yang terus kian meningkat, membuat kebutuhan akan kemasan atau produk plastik semakin tinggi. Para pelaku usaha skala kecil dan menengah sangat sering menggunakan pembungkus atau kemasan yang menggunakan bahan plastik.

Jika kita amati maka kita akan menemukan sebuah celah peluang usaha yaitu membuka usaha sampingan atau bisnis rumahan yaitu dengan mencoba menjual produk-produk kemasan atau pembungkus berbahan plastik jika sekitar kita banyak sekali para pelaku usaha kecil dan menengah. Harap di ingat, bahwa dengan meningkatnya para pelaku usaha maka kebutuhan akan kemasan pun akan semakin meningkat. Anda bisa mengawali usaha ini dengan modal yang tidak terlau besar terlebih dahulu.
Sedikit informasi, bagi anda yang ingin membeli berbagai merk dan varian produk-produk plastik (kemasan, pembungkus, kantong hingga tali plastik) secara grosiran, anda dapat mengunjungi Pasar Asemka di Jakarta Barat, Pasar Jatinegara di Jakarta Timur dan di Proyek Senen Blok III Jakarta Pusat. Anda juga bisa menjadikan tempat-tempat tadi sebagai referensi tempat grosir atau kulakan terlengkap untuk jenis usaha rumahan ini.

Syarat pembelian di ketiga tempat tersebut rata-rata 25 kg dan 6-12 pak. Harga jual satuannya pun beragam, mulai dari per pak, per rol, hingga per kg. Sebagai contoh plastik polypropylene (PP) merk Gapura dijual dengan harga sekitar Rp 600 ribu – Rp 630 ribu per 25 kg. Plastik jenis ini biasanya digunakan makanan dan minuman seperti botol minum, kotak tempat menyimpan makanan, dan botol minum untuk bayi. Karakteristik plastic jenis PP ini adalah tidak jernih atau berawan dan transparan. Sedangkan plastik pembungkus atau wrapping lokal dijual dengan harga sekitar Rp 35 ribu – 500 ribu per rol.

Pembelian produk-produk tersebut dapat dilakukan secara langsung di toko tempat pembelanjaan tersebut. Selain itu barang yang telah anda beli pun dapat dikirim langsung ke tempat anda dengan ongkos kirim sesuai tarif yang telah ditetapkan oleh jasa ekspedisi atau kurir. Cara pembayarannya dapat dilakukan dapat secara langsung di toko tempat anda belanja atau dengan transfer bank sistem pembayaran tunai. Biasanya untuk pembelian pertama harus dilakukan secara langsung. Sedangkan untuk pembelian memalui telepon hanya dapat dilakukan bila sudah menjadi pelanggan tetap atau pelanggan yang sudah lama.

Meskipun tergolong usaha kecil rumahan, keuntungan yang bisa diperoleh usaha ini jika dengan pembelian grosiran bisa mencapai 30% - 50% dari harga jual di tingkat pengecer. Sebagai contoh plastik mika berukuran 0,06 mm yang dijual dengan harga sekitar Rp 140 ribu per pcs dapat dijual kembali dengan harga sekitar Rp 190 ribu di tingkat eceran, atau keuntungan sekitar 35% per pcs.

Jika anda hendak mulai Bisnis kantong plastik dan kemasan ini, ada baiknya anda membaca Konsep Usaha "Bisnis" terlebih dahulu agar anda lebih mudah dalam menjalankan bisnis ini. Semoga info seputar jenis usaha kecil rumahan yaitu usaha Bisnis kantong plastik dan kemasan dapat menjadi referensi untuk anda memulai membuka usaha kecil rumahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar